7.Pengenalan Ms. Excel (Mengenal
jendela dan menu-menu pada MS. Excel)
a. Ikon Menu Kontrol
|
Tampilan kotak dialog ikon menu
kontrol aplikasi Excel 2007
|
- New, yang dilambangkan dengan simbol merupakan perintah untuk menampilkan lembar kerja kosong untuk dilakukan pengetikan dokumen baru.
- Open, disimbolkan dengan lambang merupakan perintah untuk membuka dokumen.
- Save,merupakan perintah untuk menyimpan file lembar kerja Excel.
b. Quick Access Toolbar
Quick access
toolbar letaknya di pojok kanan atas tepatnya di sebelah kiri ikon menu
kontrol. c. Baris Tab
Lingkungan
kerja Excel 2007 sangat berbeda tampilannya dengan Microsoft Excel versi
sebelumnya. Perbedaan tersebut terletak pada tampilan baris judul pull down
menu yang fungsinya berubah menjadi baris judul tab/baris tab. Pada setiap tab
terdiri atas kumpulan toolbar-toolbar.
2. Menu Tab
Lembar kerja
Microsoft Excel 2007 memiliki menu tab yang dapat digunakan untuk membantu
pekerjaan Anda secara cepat. Tab-tab menu tersebut adalah Tab Home, Insert,
Page Layout, Formula, Data, Review, dan View. Di setiap tab terdapat kumpulan
toolbar-toolbar.
1) Tab Home
Tab home
berisikan perintah-perintah standar (dasar). Elemen tab Home terdiri dari
submenu berikut.
a) Clipboard
Kegunaan
dari submenu clipboard adalah untuk menampung/ menyimpan data sementara hasil
copy atau hasil pemotongan data. Dalam submenu ini terdapat perintah-perintah
dalam bentuk ikon (tombol).
2) Tab
Insert
Tab ini
digunakan untuk memasukkan instruksi-instruksi ke dalam lembar kerja seperti
pembuatan tabel, memasukkan gambar, modelmodel grafik, membuat link, serta
memasukkan simbol-simbol. Tab ini terdiri dari komponen-komponen sebagai
berikut.
3) Tab Page
Layout
4) Tab
Formula, digunakan untuk memasukkan rumus (fungsi logika, fungsi text, format
keuangan, fungsi tanggal, dan waktu).
|
Tab Formula
|
5) Tab Data
Tab data
digunakan untuk memasukkan data eksternal, merefresh data. Pada bagian Sort dan
Filter digunakan untuk mengurutkan dan memfilter/menyaring data. Di bagian Data
Tools digunakan untuk membuat teks berkolom, sedangkan pada bagian Outline
digunakan untuk proses grup dan melepas grup suatu data serta membuat subtotal.
6) Tab
Review
Tab Review
digunakan untuk mengeja kesalahan tata bahasa, pemberian komentar, serta
penguncian data (keamanan data).
7) Tab View
Tab View digunakan untuk melihat tampilan lembar kerja, mengatur ukuran
tampilan lembar kerja dalam layar, serta pengaturan jendela lembar
kerja.Mengenal Fungsi Icon Microsoft Excel 2007
Tidak ada komentar:
Posting Komentar