Selasa, 27 Januari 2015



 7.Pengenalan Ms. Excel (Mengenal jendela dan menu-menu pada MS. Excel)
    
a. Ikon Menu Kontrol
Tampilan kotak dialog ikon menu kontrol aplikasi Excel 2007
  1. New, yang dilambangkan dengan simbol https://lh6.googleusercontent.com/qZiRkzxjsH6CwLJyS7QYUqmv9YVT-77XmfY1ZG1O-eG3q1mD2dO4fdta8sSP_-DQb_Hb0FEwwnG0XE1cy_ET5DCZaY9sptLdFWCVOLHGSql-neTH8GPX-AXGzNWYhZhW6Amerupakan perintah untuk menampilkan lembar kerja kosong untuk dilakukan pengetikan dokumen baru.
  2. Open, disimbolkan dengan lambang https://lh5.googleusercontent.com/lXsMTB-Wkg8W1RAG3BAq_V_YRytAJotlsqlDMWWJDgUOkxsgtR8el1nH2bIT6_9rAPKzvBqm0JV36V2ijEYFAcT1ZmvU_A2L_yf4sGvecRkOlTD6AYA7MyqOY1UEMkXkpQmerupakan perintah untuk membuka dokumen.
  3. Save,https://lh6.googleusercontent.com/tly73xvyzL2FVzetverGz5q-dgNNcbytcpY_oEl4pj1nFupcqXRCKFxitJLPYxziOz9t0P62TfYHlnaO6oIEszRM9h5jINVMHFJy5Wba3_QjMu3InVdkOYj79QpjV4-n-wmerupakan perintah untuk menyimpan file lembar kerja Excel.
b. Quick Access Toolbar
Quick access toolbar letaknya di pojok kanan atas tepatnya di sebelah kiri ikon menu kontrol. c. Baris Tab
Lingkungan kerja Excel 2007 sangat berbeda tampilannya dengan Microsoft Excel versi sebelumnya. Perbedaan tersebut terletak pada tampilan baris judul pull down menu yang fungsinya berubah menjadi baris judul tab/baris tab. Pada setiap tab terdiri atas kumpulan toolbar-toolbar.


2. Menu Tab
Lembar kerja Microsoft Excel 2007 memiliki menu tab yang dapat digunakan untuk membantu pekerjaan Anda secara cepat. Tab-tab menu tersebut adalah Tab Home, Insert, Page Layout, Formula, Data, Review, dan View. Di setiap tab terdapat kumpulan toolbar-toolbar.


1) Tab Home

Tab home berisikan perintah-perintah standar (dasar). Elemen tab Home terdiri dari submenu berikut.
a) Clipboard

Kegunaan dari submenu clipboard adalah untuk menampung/ menyimpan data sementara hasil copy atau hasil pemotongan data. Dalam submenu ini terdapat perintah-perintah dalam bentuk ikon (tombol).





2) Tab Insert
Tab ini digunakan untuk memasukkan instruksi-instruksi ke dalam lembar kerja seperti pembuatan tabel, memasukkan gambar, modelmodel grafik, membuat link, serta memasukkan simbol-simbol. Tab ini terdiri dari komponen-komponen sebagai berikut.


a) Tables
3) Tab Page Layout


Tab page Layout digunakan untuk mengatur data.

4) Tab Formula, digunakan untuk memasukkan rumus (fungsi logika, fungsi text, format keuangan, fungsi tanggal, dan waktu).
Tab Formula

5) Tab Data


Tab data digunakan untuk memasukkan data eksternal, merefresh data. Pada bagian Sort dan Filter digunakan untuk mengurutkan dan memfilter/menyaring data. Di bagian Data Tools digunakan untuk membuat teks berkolom, sedangkan pada bagian Outline digunakan untuk proses grup dan melepas grup suatu data serta membuat subtotal.


6) Tab Review


Tab Review digunakan untuk mengeja kesalahan tata bahasa, pemberian komentar, serta penguncian data (keamanan data).

7) Tab View


Tab View digunakan untuk melihat tampilan lembar kerja, mengatur ukuran tampilan lembar kerja dalam layar, serta pengaturan jendela lembar kerja.Mengenal Fungsi Icon Microsoft Excel 2007





Tidak ada komentar:

Posting Komentar